Sejarah SAJ:

Proses demokratisasi paska Orde Baru melahirkan banyak pembaruan yang dimotori oleh aktivis dari banyak kalangan. Dalam momentum yang sama, Serikat Alumni Jerman (SAJ) didirikan oleh para aktivis Alumni Jerman yang merasa terpanggil dan secara independen turut berperan aktif membangun kehidupan sosial-politik Bangsa dan Negara yang lebih baik, seraya mendorong tercapainya cita-cita bangsa Indonesia untuk Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.

Diawali dengan kegiatan para anggota pendiri, SAJ telah melakukan aktifitasnya sejak sekitar 2003 – 2004 dalam Sosialisasi Pro-Demokrasi untuk nemuluskan sistem Pemilu Langsung di Indonesia. Dalam hal ini, SAJ berperan sebagai koordinator dalam kerjasama dengan Metro TV dan Uni Eropa. Sekitar tahun 2005 sampai 2011 kegiatan berlanjut dengan aneka dialog baik dengan kerabat sesama Alumni Jerman maupun pihak ketiga.

SAJ: Perspektif Management Jakarta BaruEra baru kegiatan SAJ dimulai pada tahun 2012, termasuk diantaranya adalah pelaksanaan kegiatan Seminar SAJ yang bertemakan: “Perspektif Management Jakarta Baru” bersama Ir. H. Joko Widodo yang pada saat itu sedang dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Kegiatan berlanjut pada tahun berikutnya, dan sampai dengan April 2014 mayoritas anggota SAJ secara aktif telah mendorong pencalonan Joko “Jokowi” Widodo untuk Presiden RI. Para penggiat yang sama, sekitar Mei – Juli 2014 mengambil bagian penting dalam mensukseskan pemilihan Jokowi-JK sebagai presiden. Pada bulan Agustus 2014, SAJ bersama KORNAS, BARA JP dan Observer Indonesia serta rekan-rekan Media lainnya, aktif dalam diskusi Nasional dengan Tema: “Selamat Datang Presiden RI ke 7, Pembaharu Sejati”

Tentang SAJ:

Anggota dan pengurus SAJ umumnya adalah relawan yang sempat menghabiskan waktu dalam hidupnya bermukim di negara perantauan Jerman. Waktu yang cukup panjang, selama mereka menempuh ilmu dan berkarya di Jerman, membuahkan banyak pengalaman yang berharga disamping menjalin banyak persahabatan.

Pengalaman yang didapatkan berikut manfaatnya yang tak ternilai tersebut, baik berupa peningkatan kompetensi dan perluasan wawasan, ingin dikembalikan dan disumbangkan untuk Indonesia melalui wadah SAJ, termasuk melalui kegiatan-kegiatan bersama dengan semua lapisan masyarakat di tanah air.

SAJ memiliki sejumlah program terencana dan terukur untuk mendorong keberhasilan cita-cita bangsa Indonesia. SAJ melibatkan berbagai pihak dari banyak kalangan dalam skala nasional dan internasional dalam pembahasan rencana pembangunan, mengawal pelaksanaan dan pengawasan-nya untuk meningkatkan akselerasi pencapaian visi-misi dan agenda prioritas yang telah digariskan oleh pemerintah Republik Indonesia.

saj-address-card-v1.0_640

Iklan

Tinggalkan pesan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s