SAJ Sambut Pengurus PAJ 2015-2018 Dorong UMKM

Serikat Alumni Jerman (SAJ) mengucapkan Selamat Datang untuk kepengurusan baru hasil Munas (Kongres) Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) yang berlangsung bertepatan dengan hari Velentine pada tanggal 14 Februari 2015 lalu. Proses pemilihan yang menggunakan sarana e-Voting besutan BPPT tersebut, dimenangkan oleh semua calon kontestan: Henry Pascal Tampubolon, Alexander Sukanta, dan Komang Wirawan. Semua kandidat terdaftar adalah terpilih untuk menerima mandat dalam memimpin organisasi nirlaba PAJ selama tiga tahun kedepan (2015-2018).

Ketua SAJ Aldrin Apollo Situmeang, SH yang juga merupakan bagian dari Alumni Jerman, menyampaikan dukungan sepenuhnya untuk tim koalisi pengurus PAJ terpilih dan mengajak PAJ untuk fokus membantu industri menengah. Menurut sejumlah pengamat, menjelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan disambut di akhir tahun 2015 ini, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia telah menunjukkan peningkatan dalam jumlah pelaku (kuantitas), namun belum diimbangi dengan kualitas dan daya saing yang memadai agar mampu setara dengan pesaing dari negara-negara ASEAN lainnya. Disamping keterbatasan permodalan, skill yang dimiliki pelaku UMKM menjadi salah satu faktor kendala yang cukup merisaukan.

Untuk itu, organisasi seperti Alumni Jerman yang beranggotakan lulusan perguruan tinggi Jerman dalam jumlah yang cukup besar, dipastikan memiliki sumber daya, skill dan pengalaman yang bervariasi, dan tidak diragukan lagi kemampuannya untuk memberikan sejumlah dukungan kepada pengusaha UMKM. PAJ diduga dapat menfasilitasi kerjasama-kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi terkait negara Jerman atau Uni Eropa dalam konteks yang sama.

“Bagi kami PAJ, industri kecil dan menengah memiliki potensi yang luar biasa. Itu makanya kami akan konsen menjembatani jalinan bisnis industri tersebut,” kata Pascal kepada Observer Indonesia, yang dikutip oleh SAJ baru-baru ini.

Lebih lanjut Pascal menjelaskan, bahwa PAJ akan menyiapkan sarana interaktif dengan kapasitas besar, sehingga antara pebisnis industri UMKM Tanah Air dapat berkomunikasi sesama mereka bersama pelaku bisnis di Jerman. Guna mensukseskan program tersebut, PAJ berjanji menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak, termasuk operator layanan telekomunikasi.

Untuk semua itu, Ketum PAJ 2015-2018 terpilih H. Pascal menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada teman-teman PAJ atas semua masukan, ide, usulan, support yang telah mendorong untuk mati-matian dan lebih banyak lagi berbuat untuk PAJ agar lebih transparan dan bermartabat, memfasilitasi semua Alumni Jerman dengan lebih baik.

Iklan